KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA DALAM PEMBANGUNAN PLTU INDRAMAYU



1.      Deskripsi objek
PLTU atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap ialah pembangkit listrik yangmengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik. Bentuk utama daripembangkit listrik ini ialah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakan olehtenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan berbagaimacam bahan bakar terutama batu bara dan minyak bakar serta MFO untuk start up awal.Pemilik proyek pembuatan PLTU Indramayu Jawa Barat ialah PT. PLN persero yang bekerjasama dengan Tokyo Electric Power Service.

2.      Sumber Pembiayaan
Sumber pembiayaan pembangunan terdiri dari dua jenis, yakni sumber pembiayaankonvensional dan non-konvensional. Secara teoritis, modal bagi pembiayaan pembangunanperkotaan dapat diperoleh dari 3 sumber dasar:
a)      pemerintah/publik
b)      swasta/private
c)      gabungan antara pemerintah dengan swasta

Dalam merencanakan pembiayaan proyek PLTU Indramayu, PT. PLN melakukankerjasama pendanaan secara G-to-G (Goverment to Goverment) dengan pemerintah Jepang yang dalam hal ini adalah JICA (Japan International Cooperation Agency). Untuk pembiayaan PLTU Indramayu ini, JICA akan menanggung 85% dari total biaya yang dibutuhkan dimana pinjaman ini dilakukan dengan metode two step loan, dimana pihak JICA memberikan pinjaman dengan tingkat bunga sebesar 1% pada tahap pertama dan 1% +0.5%  pada tahap  kedua. Sedangkan untuk menutupi sisa 15% dari dana yang dibutuhkan dalam pembiayaan PLTU Indramayu, maka digunakan dana internal dari perusahaan PT. PLN, obligasi, melalui rekening dana investasi, dan pinjaman bank.

3.      Pemilihan Sumber Pembiayaan
Sumber pembiayaan non-konvesional merupakan sumber-sumber pembiayaanyang diperoleh dari kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat. Sektor swastamerupakan salah satu sektor potensial dalam mengembangakan sumber dayanonkonvensional. Dalam rincian pembiayaan proyek pembangunan PLTUIndramayu, sumberbiaya memang diprioritaskan diperoleh dari investor swasta.
·         DIPA APBN (Penanaman Modal Pemerintah)
·         Pinjaman Government to government (JICA)
·         Pinjaman Komersial Perbankan (Swasta)




Komentar

Postingan Populer